Senin, 20 April 2020

CORONA DAN PHK

Saat ini karena pandemi yang ada cukup banyak PHK dilakukan oleh Pengusaha. Repotnya lagi, di beberapa group yang saya ikuti, ada yang menyalahkan manajemen perusahaan karena merasa bahwa sumbangsih karyawan tidak diingat lagi dan tidak ada rasa perikemanusiaan atau semena - mena. Sementara itu ditempat lain ada yang menyalahkan karyawan kenapa tidak memiliki kompetensi dan employability yang tinggi sehingga akhirnya di PHK dan susah mendapatkan pekerjaan lain.Kalau berdebat seperti itu rasanya tidak akan pernah selesai sampai semalam suntuk untuk menentukan mana yang benar mana yang salah..

Bahkan yang lebih mengherankan lagi, pemerintah menyarankan untuk memotong gaji top management perusahaan untuk menghindari PHK. Rasanya pemerintah sudah terlalu masuk ke ranah privat. Pernahkan diwacanakan memotong gaji para Menteri, Dirjen dan pejabat - pejabat publik untuk membantu dana penaggulangan PHK akibat pandemi Korona ini. Yang jelas, di situasi seperti ini, ASN memang pilihan yang paling aman karena kecil kemungkinan dilakukan PHK atas ASN.... for sure!

Saran saya, tunjukkan kepemimpinan pemerintah dengan melakukan aksi nyata dan bukan wacana. Mereka yang di PHK juga pembayar pajak dan wajib dilindungi.  Perusahaan juga wajib disupport.  Jangan bebankan sektor swasta dan buruhnya yang sudah sangat terbeban dengan kondisi ini.

sumber gambar : line

Tidak ada komentar:

Posting Komentar